Sunday, September 20, 2009

Agar Puasa Terasa Ringan

Oleh: Ikhsan Hasibuan
email: ikhsan.hasibuan@gmail.com

Saya percaya sebagian besar dari kita sudah memahami atau minimal pernah mendengar tentang keutamaan infaq/sedekah mulai dari melapangkan rezeki hingga menolak balak dll. Namun, walau sudah bertumpuk ilmu tentang sedekah, tetap saja pada saat tiba mau melaksanakannya, tangan ini terasa sangat-sangat berat. otak memutar haluan menghadirkan sejuta alasan untuk melupakan atau menunda-nunda sedekah. ini wajar, tidak usah heran dan tidak usah merasa rendah hati.

Kecintaan terhadap dunia yang salah satunya adalah harta memang sudah menjadi sunnatullah seperti tertulis dalam kitabNya. Dilain pihak, Allah menjanjikan keuntungan yang sangat besar bagi orang-orang yang mampu mengalahkan perasaan duniawinya ini. Umpamanya kita adalah orang yang hendak menyeberangi lautan dengan ombak yang ganas, rasa takut untuk melaut terasa sangat-sangat kuat.

Sangat serius. pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa meraih janji Allah untuk para dermawan?
bagaimana kita mengalahkan nafsu kita untuk mengurangi rasa cinta terhadap harta?
bagaimana kita merasa "berlebih" dengan harta yang kita miliki semiskin apapun kita?

ini adalah pertanyaan krusial dan urgen yang harus anda renungkan secara serius untuk menemukan jawabannya !!!

saya ada tips ringan yang bisa membantu kita merasa hidup sebagai orang kaya.
DONATE YOUR MONEY BEFORE YOU GO !!!

Seberapa banyak pun yang ada di tangan anda, kalo tidak bisa mengelolanya uang tersebut akan terasa sedikit. sebaliknya seberapa kecilpun uang anda, bila bisa mengelolanya uang tersebut akan terasa cukup.

Apa yang saya praktekkan adalah meletakkan satu botol bekas transparan di rak sepatu. botol ini usahakan transparan agar bisa mudah melihat isinya. kemudian tulis besar-besar di botol itu "1 euro/dag please....."
atau "1000/hari dong....."
atau "5000/hari please....."
atau "1 dollar per day please...."

Mengapa diletakkan di rak sepatu? karena tiap hari anda mau keluar rumah tanamkan dalam hati untuk tidak keluar rumah sebelum berinfak, seberapa kecilpun itu. Masukkan uang anda ke dalam botol infaq insya Allah langkah kita menjadi lebih ringan dalam mencari rezeki atau mencari ilmu, insya Allah.

Pada tiap jumat usahakan untuk mengambil isi botol infaq dan bawalah keluar rumah, anggap ini titipan orang lain untuk disampaikan kepada yang berhak. jangan pikir ini uang anda karena sekali membuka celah, syetan sangat mudah menjebak kita. Bawalah ke masjid atau langsung ke orang miskin, atau kemana saja yang anda anggap pantas menerima uang tersebut.

cara ini secara tidak disadari akan membuat "infaq as your life style" atau infaq sebagai gaya hidup kita. Jangan pernah merasa malu untuk menginfaqkan uang walau hanya 100 perak, karena dari yang kecil inilah akan membuka keinginan untuk berinfaq lebih banyak lagi.

Bila anda seorang karyawan atau pengusaha yang biasa mendapatkan rezeki harian, tentu akan sangat baik bila anda juga sisihkan sedikit keuntungan hari ini untuk langsung dimasukkan ke botol infaq sebelum anda memasuki rumah anda. Insya Allah rezeki anda akan lebih barokah.

semoga tips sedekah yang sederhana ini bisa meringankan hati kita. Mulailah hari ini setidaknya dengan mulai mencari botol bekas dan tekad untuk memulai "infaq life style" insyaAllah kebahagiaan dunia akhirat terasa makin dekat di hati.

No comments:

Post a Comment